Translate

Monday, January 4, 2010

Windows Desktop Screen Capture


Baru tau ternyata fungsi tombol [Print Screen] atau [PrtScr] atau juga [SysRq] di keyboardku fungsinya adalah buat mengambil gambar apa yang sedang ditampilkan di layar monitorku.
Katro yaa??? ha..ha...
Awalnya aku berniat membuat postingan di blog ini yang memerlukan gambar ilustrasi untuk mempertegas isi  dalam postinganku dan agar lebih mudah dimengerti juga maksudku. Sebelumnya ini juga pernah aku lakukan pada  postingan Menghilangkan Iklan di Halaman Facebookmu yang menggunakan gambar ilustrasi yang aku ambil dari layar desktopku sendiri. Waktu itu aku dimudahkan karena adanya aplikasi RK Launcher dengan fitur Capture-nya. Tapi ga tau aku yang kurang setting atau apa,RK launcher yang terbaru yang aku download ga menyediakan fitur capture lagi.

Ha..ha.. maaf !!! Basa basinya kepanjangan yua??? :-P
Okelah kalo begitu sudahi sajah....
Tapi mungkin ada di antara kawan-kawan yang belum mengetahui caranya menggunakan fitur bawaan Windows ini baiknya aku kasih tau saja yaaa...(Maaf,bukannya sok tau he..he..)
Gini nich caranya:
  1. Untuk mengambil gambar dari seluruh layar monitor:

    • Tekan tombol Print Screen di keyboard,gambar akan tersimpan di clipboard.
    • Buka aplikasi  seperti Microsoft Paint,Photoshop atau Microsoft Word juga bisa.
    • Setelah aplikasi tadi terbuka,pilih edit pada toolbar,dan pilih paste. Bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+V.


  2. Untuk mengambil gambar jendela (window) yang sedang aktif caranya sama saja dengan di atas cuma kali ini diperlukan kombinasi tombol Alt+Print Screen.
Sebenarnya banyak software-software yang bisa melakukan hal ini dan tentunya lebih dilengkapi dengan fitur-fitur menarik misalnya WinSnap,PickPic,FastStone Capture,de el el... banyak kalo mau nyari lewat google.

Sekian dulu infonya,

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog